Wisata  

5 Rekomendasi Wisata Curug di Garut, Sejuk dan Menyegarkan

Curug
created by graparinews

Garut memang terkenal akan keindahan alamnya, selain pantai dan gunung, garut juga memiliki banyak curug sebagai destinasi wisata alamnya. Berikut 5 rekomendasi wisata curug di Garut, Sejuk dan Menyegarkan.

  1. Curug Sanghyang Taraje

Rekomenadasi curug pertama yang menjadi destinasi wisata alam di garut adalah curug Sanghyang Taraje. Terletak di Kampung Kombongan, Pakenjeng Kec Pamulihan Kabupaten Garut.

Curug Saranghyang memiliki ketinggian 660 meter diatas permukaan laut, dengan memiliki tinggi 82 meter. Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi curug ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang 10.000 saja untuk tiket perorangnya.

Curug ini memiliki mitos yang mendasari minat pengunjung untuk datang, yakni dikatakan bahwa curug Sanghyang Taraje adalah tangga yang digunakan para dewa untuk menuju kayangan.

  • Curug Orok

Curug atau air terjun yang kedua adalah curug orok.  Selain air yang terjun dari curug dengan indah, tumbuhan dan pepohonan di sekitar semakin menambah pesona keindahan dan rasa sejuk.

Berlokasi di desa Cikandang, Kec Cikajang, Kabupaten Garut, sama seperti curug Sanghyang Taraje, curug orok juga memiliki mitos yang beredar.

Konon katanya dulu ada seorang wanita yang membuang bayinya (orok) di curug ini sehingga diberi nama curug orok.

Akan tetapi terlepas dari mitos yang menyedihkan dan menyeramkan tersebut, curug orok merupakan air terjun yang indah dan cukup pupuler. Tiket masuk yang dibandrol pun cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang 12.000 untuk satu tiket.

  • Curug Jagapati

Curug jagapati berlokasi di Cisompet, Kabupaten Garut merupakan curug yang sangat terjaga keasriannya. Airnya yang mengalir deras rupanya mengaliri sawah-sawah milik Masyarakat sekitar.

Selain itu, dengan adanya teknologi mikrohdiro warga memanfaatkan air terjun Jagapati sebagai pembangkit listrik yang digunakan oleh warga.

Curug Jagapati memiliki arti menjaga nyawa, maksudnya adalah menjaga nyawa sekitar, seperti tumbuhan yang dialiri air, dan tenaga listrik Masyarakat yang berasal dari curug ini.

  • Curug Nyogong

Rekomendasi keempat dari curug yang ada di garut yang bisa anda kunjungi adalah curug Nyogong. Berlokasi di Kampung Sawah pasir, Kecamatan Cihurip. Sayangnya curug ini kurang difasilitasi sehingga masih sulit untuk akses ke sana.

Curug nyogong sendiri memiliki arti menikung, hal ini dikarenakan air yang turun sedikit berbelok menukik dari jalan utama.

  • Curug Ciharus

Rekomendasi terakhir dari curug yang ada di garut adalah curug Ciharus yang terletak di daerah Leles, Garut.

Tak banyak yang tahu mengenai keberadaan air terjun ini, aksesnya yang masih sulit untuk ditempuh membuat daya tarik tersendiri. Bagi pengunjung yang menyukai tantangan curug ini solusinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *