Apa Itu E-Wallet? Simak Penjelasannya di Bawah Ini

E-Wallet
Created by graparinews

Apakah anda pernah membayar makanan di restoran atau atau membeli barang online dengan menggunakan dana, shopeepay atau ovo? Jika iya mereka adalah salah satu contoh dari e-wallet berikut artikel ini akan membahas mengenai apa itu E-wallet, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu e-wallet?

E-wallet atau (electronic walllet) atau   dompet elektronik atau dompet digital adalah aplikasi transaksi keuangan yang berjalan pada perangkat apa pun yang terhubung. Ini dengan aman menyimpan informasi pembayaran dan kata sandi Anda perangkat anda. Dompet digital mungkin dapat diakses dari komputer yang merupakan bagian darinya, terutama digunakan pada perangkat seluler.

E-wallet  memungkinkan Anda membayar saat berbelanja menggunakan perangkat sehingga Anda tidak perlu membawa kartu. Anda memasukkan dan menyimpan informasi kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank Anda dan kemudian dapat menggunakan perangkat Anda untuk membayar pembelian.

Cara Kerja E-wallet

E-wallet  adalah aplikasi yang dirancang untuk memanfaatkan kemampuan perangkat seluler untuk meningkatkan akses terhadap produk dan layanan keuangan. E-wallet  pada dasarnya menghilangkan kebutuhan untuk membawa dompet fisik dengan menyimpan semua informasi pembayaran konsumen secara aman dan mudah.

E-wallet  menggunakan kemampuan nirkabel perangkat seluler seperti Bluetooth, WiFi , dan sinyal magnetik untuk mengirimkan data pembayaran dengan aman dari perangkat Anda ke tempat penjualan yang dirancang untuk membaca data dan terhubung melalui sinyal ini.

Saat ini, teknologi yang digunakan oleh perangkat seluler dan E-wallet  adalah:

  • Kode QR : Kode QR merupakan jenis kode batang yang bisa  dibaca dengan mudah oleh perangkat digital.  Kode QR yang digunakan pada e-wallet dengan cara dipindai melalui kamera yang ada pada perangkat untuk membuat proses pembayaran.
  • Near field communication (NFC): NFC adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat pintar terhubung dan mentransfer informasi menggunakan sinyal elektromagnetik. Dibutuhkan dua perangkat yang berdekatan satu sama lain untuk terhubung.
  • Magnetic secure transmission (MST): Ini terutama untuk pengguna ponsel Samsung. Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan oleh pembaca kartu magnetik yang membaca kartu Anda saat Anda menggeseknya melalui slot di tempat penjualan. Ponsel Anda menghasilkan bidang terenkripsi yang dapat dibaca oleh tempat penjualan. Samsung telah menghapuskan fitur MST untuk ponsel Samsung mulai tahun 2021 dan seterusnya untuk fokus pada NFC, yang lebih umum.

Contoh E-wallet

Ada beberapa dompet e-wallet yang sering digunakan, berikut terdapat beberapa contohnya:

  • Apple Pay
  • Google Wallet
  • Samsung Wallet
  • Shoppeepay
  • Ovo
  • Dana
  • LinkAja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *