UMKM  

Apa Itu UMKM? Simak Penjelasannya di Bawah Ini

UMKM
created by graparinews

Ada banyak sekali UMKM di Indonesia. Bahkan, berkat jumlahnya, UMKM menjadi salah satu pendongkrak kondisi perekonomian negara. Lalu, apa itu UMKM? Simak penjelasannya di bawah ini.

UMKM merupakan suatu bentuk usaha yang dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, atau badan usaha kecil.

Pada dasarnya UMKM adalah pengertian usaha atau usaha yang dilakukan oleh perseorangan, kelompok, badan usaha kecil, atau rumah tangga.

Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai tumpuan utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian untuk berkembang di masyarakat khususnya di bidang perekonomian.

Penggolongan UMKM biasanya dilakukan berdasarkan omset tahunan, jumlah kekayaan atau aset, dan jumlah karyawan.

Sementara itu, usaha yang tidak tergolong UMKM dikategorikan sebagai usaha besar, yaitu usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha yang mempunyai jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari usaha menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, gabungan usaha dan bisnis asing. yang melakukan kegiatan perekonomian di Indonesia

Untuk mengklasifikasikan skala usaha, digunakan beberapa faktor, antara lain omzet tahunan, total aset, dan jumlah karyawan.

Pada dasarnya UMKM terbagi menjadi tiga jenis yaitu mikro, kecil, dan menengah. Pemerintah sendiri telah mengklasifikasikan UMKM sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah berdasarkan kriteria jumlah aset dan omset.

Setiap jenisnya harus merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari suatu perusahaan tertentu

Di Indonesia, UMKM mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian negara. Pasalnya, sektor UMKM merupakan penyumbang PDB terbesar, menyerap lapangan kerja terbanyak, dan relatif tahan terhadap krisis keuangan.

Misalnya, Indonesia pernah dilanda krisis ekonomi parah pada tahun 1998 yang menyebabkan perusahaan-perusahaan besar bangkrut. Namun saat krisis ekonomi, banyak sektor UMKM yang bertahan. Aktivitas perekonomian UMKM di Indonesia sejatinya menjadi penyelamat negara yang sedang terpuruk.

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari segi kualitas, hal ini disebabkan oleh kuatnya dukungan pemerintah dalam pengembangan yang dilakukan terhadap para pegiat usaha UMKM, hal ini sangat penting dalam mengantisipasi kondisi perekonomian ke depan serta menjaga dan memperkuat strukturnya. perekonomian nasional.

Dengan adanya revolusi digital 4.0 banyak terjadi perubahan pada UMKM dimana terjadi pergeseran gaya belanja konsumen dari offline ke online. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon UMKM atau pengusaha skala UMKM untuk memiliki wawasan yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *