Bisnis  

Efesiensi Bisnis dan Jenis-jenisnya

Efesiensi Bisnis
Created by graparinews

Bisnis tidak selalu berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, terkadang ada kendala yang menghampiri. Ada banyak jenis masalah efisiensi yang dihadapi pemilik bisnis, namun Anda dapat membuat perbedaan dengan mempelajari cara meningkatkan efisiensi dalam bisnis Anda.

Berikut di bawah ini penjelasan mengenai efesiensi bisnis.

Apa Itu Efisiensi Bisnis?

Efisiensi bisnis adalah ukuran seberapa efisien suatu bisnis menggunakan modal, tenaga kerja, jasa atau produk, dan material untuk menghasilkan pendapatan. Seberapa produktifkah karyawan Anda? Berapa banyak sampah yang Anda hasilkan? Apakah setiap dolar digunakan dengan bijak? Bisnis Anda selalu dapat menemukan cara baru untuk menjadi lebih efisien.

Jenis Efisiensi Bisnis

Jika Anda ingin mempelajari cara meningkatkan efisiensi dalam suatu bisnis, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu tentang berbagai jenis efisiensi bisnis. Berikut di bawah ini jenis-jenis efesiensi bisnis.

1. Produktivitas Tenaga Kerja

Berapa banyak yang dapat dicapai karyawan Anda dalam satu jam kerja rata-rata? Hal ini dipengaruhi oleh tugas dan alat yang dimiliki seorang karyawan. Ada baiknya Anda memiliki patokan berapa banyak yang harus dicapai seseorang dalam satu jam, sehingga Anda dapat dengan mudah memantau produktivitasnya. Demikian pula, Anda dapat meningkatkan efisiensi Anda sendiri dengan menggunakan alat manajemen tim yang memungkinkan Anda mengatur dan melacak jam kerja serta menyesuaikan sesuai kebutuhan.

2. Efisiensi keuangan

Efesiensi keuangan adalah indikator kinerja utama yang memberikan wawasan tentang seberapa efisien bisnis Anda secara finansial. Semakin rendah pengeluaran Anda, semakin baik, namun jumlahnya tidak boleh lebih dari 30% pendapatan Anda. Sedangkan biaya operasional harus ditekan hingga 60% dari pendapatan.

3. ROI (Return on Investment/Pengembalian Investasi)

Setiap melakukan investasi wajib menghasilkan uang dan menghemat uang. Misalnya, pelatihan karyawan merupakan investasi karena peningkatan kinerja dapat mendorong penjualan.

4. Efisiensi Operasional & Proses

Kedua hal ini berkaitan erat. Operasi adalah proses yang penting bagi model bisnis Anda. Sisi operasional bisnis menghabiskan sebagian besar biaya Anda, itulah sebabnya peningkatan efisiensi operasional dapat menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan. Sedangkan efisiensi proses merupakan sebuah ukuran dari seberapa efisiennya proses bisnis.

5. Efisiensi energi

Apa dampak bisnis Anda terhadap lingkungan, dan langkah apa yang dapat Anda ambil agar lebih efisien? Anda dapat mengembangkan praktik hemat energi berkelanjutan yang mengurangi biaya. AC kantor, penerangan, pemanas, dan peralatan semuanya berkontribusi terhadap energi yang Anda gunakan. Lampu otomatis dapat membantu Anda menghemat biaya dengan segera, begitu pula lampu hemat energi. Ada berbagai cara untuk mengurangi penggunaan energi untuk meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *