Mengetahui Lebih Dalam mengenai Deflasi, Kebalikan dari Inflasi

Deflasi
Created by graparinews

Deflasi merupakan istilah yang ada dalam dunia perekonomian. Deflasi merupakan suatu keadaan dimana suatu negara memperoleh keuntungan namun juga mengalami kerugian. Kerugian ini terus terjadi jika deflasi semakin tidak terkendali.

Deflasi adalah periode di mana harga-harga umumnya turun dan nilai uang meningkat. Deflasi juga diartikan sebagai keadaan dimana terjadi penurunan harga suatu barang secara terus menerus sehingga mengakibatkan nilai uang meningkat.

Sekilas, hal ini mungkin bermanfaat bagi banyak orang. Masyarakat yang suka belanja bisa langsung membeli dalam jumlah banyak. Ketika hal ini terjadi, umumnya masyarakat akan langsung membelanjakan banyak barang yang dibutuhkan masyarakat tersebut.

Pada saat yang sama, deflasi yang terjadi pada suatu negara akan memberikan dampak yang lebih besar bagi pemilik usaha. Semua pemilik usaha akan merasakan dampaknya. Baik pemilik usaha barang maupun usaha jasa.

Perusahaan akan terus mengalami kerugian akibat aktivitas transaksi tersebut. Hasilnya akan membuat pengusaha harus memutar otak. Biasanya pengusaha akan menyiasatinya dengan menekan biaya dalam memproduksi barang.

Selain itu, deflasi dapat mengakibatkan PHK atau pemutusan hubungan kerja dari perusahaan kepada karyawannya bisa dianggap sebagai pilihan yang wajar. Hal ini terjadi karena ada beberapa pemilik perusahaan yang tidak ingin menekan biaya produksinya di sektor murah.

Penyebab Deflasi

Penyebab deflasi adalah terlalu banyak barang yang sama diproduksi dalam satu waktu. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi, semakin banyak persediaan barang di pasaran (supply), maka harganya akan semakin murah.

Penyebab dominan kedua dari deflasi adalah penurunan permintaan. Ketika kondisi ekonomi memburuk, perilaku konsumen seringkali melakukan penghematan pengeluaran dan menabung untuk kebutuhan yang lebih prioritas.

Hal ini menyebabkan permintaan terhadap barang atau jasa melemah sehingga memicu penurunan harga. Penyebab deflasi lainnya juga bisa berasal dari kebijakan pemerintah atau bank sentral. Misalnya kebijakan Bank Indonesia sebagai otoritas moneter mengenai suku bunga.

Ketika suku bunga tinggi, hal ini secara tidak langsung mendorong masyarakat untuk lebih memilih menyimpan uangnya di bank karena faktor bunga, hal ini membuat semakin sedikit uang yang beredar di masyarakat.

Jenis Deflasi

  • Deflasi sirkulasi

Deflasi sirkulasi merupakan deflasi yang terjadi akibat perubahan kondisi perekonomian. Hal ini terjadi karena harga suatu barang mengalami penurunan, karena tingkat produksi dan konsumsi tidak seimbang.

  • Deflasi strategis

Deflasi strategis merupakan jenis deflasi yang disebabkan oleh strategi kebijakan yang tidak berhasil dari pemerintah. Faktanya, kebijakan yang diterapkan pemerintah tidak mampu menekan laju konsumsi berlebihan di masyarakat. Sehingga menyebabkan penurunan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *