Wisata  

Pesona Lombok Yang Indah Dan Memanjakan Mata

Lombok
Created by graparinews

Di luar Pulau Dewata, Pulau Lombok merupakan destinasi wisata yang cukup populer. Popularitas kawasan tetangga Pulau Bali ini bahkan sampai ke mancanegara.

Tak jarang para wisatawan yang menyisihkan waktu khusus untuk berkunjung ke Pulau Lombok. Hal ini didasari karena jarak yang terlalu dekat. Berikut artikel ini akan membahas berbagai pesona Lombok yang indah dan memanjakan mata.

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Pulau Lombok merupakan salah satu pantai yang memegang peranan penting dalam adat dan tradisi masyarakat Lombok. Tidak jarang Anda menjumpai upacara adat yang diadakan di pantai ini.

Salah satu acara adat tersebut adalah festival Bau Nyale. Nyale dalam bahasa daerah berarti cacing. Festival ini diadakan untuk menghormati Putri Mandalika. Menurut cerita adat, Putri Mandalika merupakan salah satu putri kerajaan di Pulau Lombok yang terkenal dengan kecantikannya.

Seperti yang kita ketahui di bali juga terdapat pantai kuta tapi selalu ramai pengunjung, sedangkan pantai Kuta Lombok lebih sepi dan tenang, sehingga cocok bagi anda yang mencari tempat yang menyuguhkan ketenangan.  Pasirnya yang berwarna coklat dan tekstur mirip merica menjadikan pesona pantai Kuta.

Suku Sasak Suku yang berasal dari Pulau Lombok

Suku Sasak  adalah suku asli dari Nusa Tenggara Barat.  Suku Sasak mempunyai banyak tradisi yang sangat unik, salah satunya adalah kewajiban bagi remaja putri sebelum menikah untuk terampil menenun.

Jika tenunannya bagus dan terbukti mahir menggunakan alat tenun, barulah bisa dikawinkan. Selain itu, perkawinan mereka juga cukup unik, yaitu dengan cara menculik calon pengantin untuk disembunyikan di keluarga calon pengantin pria tanpa sepengetahuan keluarga pihak perempuan.

Gunung Rinjani

Bagi anda yang menyukai gunung, gunung rinjani Lombok bisa menjadi piliham. Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.010 meter di atas permukaan laut. Danau Segara Anak terletak di bagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Danau Segar Anak, danau seluas 1.100 hektar yang berada di puncak Gunung Rinjani menjadi tempat favorit para pendaki. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melalui jurang yang curam. Keindahan Telaga Segar Anak inilah yang membuat rasa lelah selama pendakian seolah terbayar lunas.

Tete Batu

Tete Batu adalah sebuah desa di Kecamatan Sikut, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Salah satu pesona pemandangan indah di kaki Gunung Rinjani ada di Desa Tete Batu yang memiliki panorama pegunungan dan persawahan yang sangat indah. Karena keindahannya, Tete Batu dijadikan desa wisata oleh Pemerintah Lombok Timur.

Tete Batu memiliki bentukan kontur tanah seperti ngarai yang memanjang. Pemandangan ngarai yang indah terbentuk dengan hamparan sawah yang subur dan hijau. Inilah daya tarik Tete Batu yang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong berkunjung ke sana. Untuk mencapai Desa Wisata Tete Batu yang terletak di perbukitan, ada dua pilihan untuk mencapainya, yaitu dengan menyewa mobil atau naik angkutan umum. Naik angkutan umum lebih menantang dan sangat digemari oleh para backpacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *