5 Ide Bisnis UMKM yang Menjanjikan  di Tahun 2024

ide bisnis UMKM
Created by graparinews

Jika Anda sudah lama ingin memulai bisnis namun belum yakin, karena masih bingung mencari ide bisnis UMKM. Berikut di bawah ini terdapat 5 ide bisnis UMKM yang menjanjikan di tahun 2024.

Bisnis kuliner

Sektor kuliner merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya. Apapun keadaannya, manusia tetap membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, sehingga bisnis kuliner mempunyai pangsa pasar yang besar. Keunggulan bisnis kuliner adalah Anda bisa memulai bisnis dalam skala kecil sehingga tidak memerlukan modal yang besar.

Cara memulai usaha juga tergantung dari modal yang ada, mulai dari menitipkan produk ke warung/toko, membuka warung di rumah atau di pinggir jalan yang  terdapat orang ramai membuka warung atau kafe sendiri yang modalnya lebih besar.

Selain itu keberadaan jasa pengantar makanan seperti, grabfood, gofood dan shopeefood sangat membantu  UMKM di bidang kuliner. Jenis kuliner yang dijual bisa melihat situasi, karena orang Indonesia suka makanan pedas coba berjualan makanan pedas, atau di daerah Jakarta panas cobalah menjual minuman segar yang kekinian.

Bisnis Produk Kreatif

Ide bisnis yang menjajikan nomor dua adalah bisnis produk kreatif. Saat ini juga banyak terdapat produk-produk kreatif yang memiliki nilai jual tinggi. Keunggulannya terletak pada keunikan dan sisi artistiknya, bisa berupa produk fashion, aksesoris, ornamen rumah atau dekorasi ruangan yang estetis kekinian.

Anda juga bisa membuat ide bisnis phone case unik, atau totebag anak muda yang bisa disesuaikan dengan gambar. Paket ulang tahun, dan barang barang custom seperti gelang nama, figura berkarakter dan lain lain.

Bisnis Kecantikan

Dunia kecantikan saat ini sudah sangat populer, Anda bisa membuka usaha kosmetik atau skincare. Tak hanya perempuan, bidang ini juga bisa menjangkau laki-laki, seperti perawatan wajah atau rambut. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis Make Up Artist (MUA), Nail art, atau bisnis bulu mata atau rambut.

Bisa juga memulai jasa bisnis make up art di acara konser konser KPOP, banyak para penggemar yang menyewa make up mata untuk tampil cantik di konser bias mereka.

Agribisnis

Sesuai dengan namanya, ini merupakan usaha UMKM yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan. Peluang agribisnis di Indonesia bisa dikatakan cukup besar. Sejak pandemi COVID-19, bisnis agribisnis melejit karena kini semakin banyak masyarakat yang berbelanja bahan pangan secara online.

Ya, besarnya permintaan masyarakat terhadap pembelian sayuran secara online membuat banyak pihak tertarik untuk berbisnis di bidang tersebut. Tentunya hal ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha di bidang agribisnis.

Fashion

Sama seperti kuliner, bisnis UMKM di bidang fashion tidak akan pernah tenggelam. Fashion mempunyai potensi yang sangat besar karena pakaian merupakan kebutuhan sekunder manusia. Selain itu, tren fashion selalu berkembang dan berubah setiap tahunnya sehingga memperbesar peluang untuk memperoleh keuntungan.

Jika Anda belum memiliki modal dan keterampilan di dunia fashion, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menjadi reseller terlebih dahulu. Menjadi dropshipper dari brand fashion ternama juga bisa menjadi ide yang tepat.

Sembari berbisnis, Anda dapat meningkatkan kemampuan bisnis dan mengumpulkan modal untuk memulai bisnis pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *