UMKM  

5 Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif

UMKM
Created by graparinews

Strategi pemasaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk kepada sasaran pasar yang lebih luas. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah rencana yang menggabungkan tujuan dan sasaran pemasaran suatu perusahaan.

Pada dasarnya strategi pemasaran diciptakan untuk mempromosikan produk sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Selain itu, strategi pemasaran yang baik dapat membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan.

Oleh karena itu, strategi pemasaran harus didasarkan pada nilai-nilai perusahaan, bagaimana perusahaan beroperasi, dan mengapa hal tersebut bernilai bagi bisnis mereka. Salah satunya adalah strategi pemasaran bagi UMKM.

Terdapat 5 strategi pemasaran UMKM yang efektif, Simak di bawah ini.

Melakukan Riset Pasar

Strategi pemasaran UMKM yang pertama adalah dengan melakukan riset target pasar. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui seberapa besar peluang bisnis yang ada di pasar, seperti apa tingkat persaingannya, dan apakah sesuai dengan bidang usaha Anda.

Dalam menentukan target pasar, Anda perlu melakukan segmentasi konsumen berdasarkan kategori tertentu seperti kebutuhan dan karakteristiknya. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan dan strategi pemasaran yang berbeda-beda.

Ciptakan Produk yang Unik

Sebelum melakukan promosi, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu produk yang memiliki keunikan dibandingkan dengan produk kompetitor Anda.

Menciptakan produk yang unik akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar dan membuat konsumen setia menggunakan produk Anda. Tak hanya itu, produk yang unik juga akan membuat iklan Anda semakin menarik.

Ciptakan Tujuan Periklanan Yang Jelas

Setelah membuat produk unik, langkah selanjutnya adalah membuat tujuan periklanan yang jelas. Dengan adanya tujuan yang jelas maka akan memudahkan Anda dalam mencapai tujuan periklanan Anda.

Misalnya saja Anda memiliki UMKM tas  pakaian, maka tujuan periklanan yang ingin dicapai adalah memperkenalkan produk yang unik dengan tas yang bisa menjadi formal dan kasual  tergantung kebutuhan  konsumen. Jadi saat membuat iklan, Anda hanya fokus pada satu tujuan tersebut.

Manfaatkan E-commerce

Contoh strategi pemasaran UMKM selanjutnya adalah dengan memanfaatkan e-commerce. Seperti yang kita ketahui, saat ini e-commerce sedang naik daun dan memiliki banyak pengguna. Jadi Anda bisa memasarkan produk Anda dengan menggunakan aplikasi ini.

Memasarkan produk dengan e-commerce memberikan keuntungan bagi perusahaan. Yakni murah dan efisien, aksesnya tidak terbatas, serta bisa memperpendek jarak distribusi produk.

Pahami Target Audiens

Untuk merancang strategi pemasaran digital yang efektif bagi UMKM, langkah penting yang harus dilakukan adalah memahami target audiens dengan baik. Melakukan analisis mendalam terhadap karakteristik demografi, preferensi dan perilaku konsumen sebagai dasar merancang kampanye yang relevan dan menarik.

Melalui riset pasar digital, UMKM dapat mengidentifikasi platform online yang paling banyak digunakan oleh target audiensnya. Selain itu, alat analisis data dapat membantu mengumpulkan wawasan berharga tentang perilaku online calon pelanggan.

Dengan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan keinginan audiens, Anda dapat menyesuaikan konten pemasaran dan interaksi media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *