Bisnis  

5 Tips Untuk Membawa Small Business Menjadi Global

Tips Small Business
Created by Graparinews

Mengupayakan pertumbuhan internasional memang menantang, namun membawa small business menjadi lebih luas sehingga berada di pasar globar bukan perkara yang mudah. Berikut di bawah ini 5 Tips Untuk Membawa Small Business Menjadi Global.

1. Lakukan riset menyeluruh terhadap calon pasar Anda.

Hal ini mungkin terlihat jelas, namun Anda akan terkejut mengetahui betapa seringnya perusahaan terbesar sekalipun gagal melakukan uji tuntas sebelum mencoba melakukan ekspansi ke luar negeri. Anda perlu mendalami budaya lokal, pengaruhnya terhadap industri Anda, seberapa besar prospek pasarnya, dan banyak data penting lainnya.

Paling tidak, Anda perlu melakukan analisis segmentasi pasar, analisis kesenjangan, analisis SWOT, dan berkonsultasi erat dengan profesional lokal yang sangat memahami industri Anda dan keadaan pasar luar negeri saat ini. Anda mungkin perlu menyesuaikan banyak strategi Anda, dan mungkin bahkan desain produk di masa depan, agar sesuai dengan metodologi lokal dan regional yang terbukti berhasil. Satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah dengan memiliki wawasan mendalam tentang pasar yang Anda masuki. Gunakan penelitian Anda untuk menetapkan sasaran, sasaran, dan metrik keberhasilan jangka pendek dan jangka panjang .

2. Letakkan fondasi sebelum kedatangan Anda.

Merek Anda hanya memiliki satu peluang untuk memberikan kesan pertama, dan Anda tidak ingin basis pelanggan baru melihat Anda bergumul dengan masalah mendasar. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki sumber daya dan kemungkinan yang diperlukan sebelum Anda membuka pintu. Siapkan kontak dan solusi ketika Anda menemukan ada hambatan dalam rencana Anda saat ini. Misalnya, mungkin pemasok lokal tidak dapat diandalkan atau struktur Anda saat ini tidak memenuhi peraturan kepatuhan.

Anda ingin memiliki tim yang terlatih dan bertanggung jawab yang siap pada hari pertama. Menggunakan eksekutif dari perusahaan induk Anda atau membangun tim lokal dari awal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan Anda harus memutuskan mana yang paling masuk akal untuk apa yang ingin Anda capai. Banyak perusahaan yang sangat bergantung pada outsourcing sebanyak mungkin kepada penyedia layanan lokal dan menggunakan eksekutif senior sementara. Eksekutif sementara dan penyedia lokal dapat membantu Anda mengatasi kelemahan dalam strategi Anda sambil melanjutkan proses perekrutan dan membangun tim kepemimpinan permanen Anda.

3. Perluas secara perlahan dengan MVP yang dibangun dengan baik.

Anda ingin memasuki pasar luar negeri dengan produk minimum yang layak (MVP) yang fungsional, menarik , dan diinginkan. Kembangkan penawaran Anda dan cara Anda menjalankan bisnis berdasarkan masukan yang Anda peroleh dengan MVP dan peluncuran awal. Pastikan Anda mendengarkan, dan menindaklanjuti, data yang Anda dapatkan kembali. Lakukan secara perlahan dan kembangkan secara strategis; ini akan memastikan investasi Anda. Risikonya minimal sementara peluang Anda untuk sukses jangka panjang tinggi.

4. Menguasai bahasa dan membangun hubungan lokal.

Hal ini merupakan salah satu masalah yang tampak jelas di permukaan, namun dapat menyebabkan banyak masalah yang tidak terduga jika tidak dikelola dengan baik. Keterampilan bahasa yang efektif lebih dari sekedar mampu menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain. Sama seperti Anda menyewa copywriter khusus untuk membuat pesan Anda dalam bahasa Inggris, Anda memerlukan profesional yang berpengalaman dan terlatih untuk menerjemahkan dan membuat ulang pesan Anda ke dalam bahasa baru. Metafora, kiasan, dan analogi sering kali tidak diterjemahkan secara langsung antara budaya dan bahasa, dan cara bicara target pasar baru Anda sering kali berbeda dengan yang ada di wilayah asal Anda.

Anda memerlukan ahli bahasa yang dapat melakukan transkreasi yaitu, mereka dapat mengambil makna dan maksud dari pesan asli Anda dan menciptakannya kembali dalam bahasa lain, dengan tujuan yang sama. Bekerja sama dengan layanan penerjemahan khusus atau mempekerjakan pakar asli di wilayah tersebut adalah kunci untuk mengatasi hambatan ini.

5. Tingkatkan kesiapan organisasi, hukum dan keuangan Anda.

Hal ini berarti Anda telah memastikan bahwa Anda siap menangani tantangan budaya, hukum, dan perpajakan di wilayah baru. Di tingkat organisasi, Anda perlu memastikan bahwa Anda siap beroperasi di wilayah baru. Buat paket kompensasi dan program tunjangan yang sesuai dengan standar dan adat istiadat setempat, serta kebijakan, prosedur, dan manual yang memenuhi kebutuhan wilayah baru dan sesuai dengan budaya perusahaan Anda.

Untuk kesiapan hukum dan finansial, hal ini memerlukan banyak persiapan untuk perekonomian yang lebih sadar hukum, seperti perlunya membuat dokumentasi dalam jumlah besar dalam berbagai bahasa. Masalah penggajian, akuntansi , dan pajak sering kali dialihdayakan pada awalnya untuk menghindari operasi Anda terhenti karena hal-hal kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *