Bisnis  

6 Strategi Menangani Persaingan Bagi Small Business

Persaingan bisnis
Created by graparinews

Persaingan adalah hal mendasar yang melekat pada semua bisnis, namun ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk mengelola dan mengalahkan pesaing Anda.

Cara terbaik untuk memerangi persaingan adalah dengan berfokus pada semua hal yang disediakan oleh perusahaan Anda dan tidak disediakan oleh perusahaan lain. Menangani persaingan itu mudah ketika Anda meninjau persaingan Anda secara teratur dan menghadapi tantangan sebagai pengalaman belajar.

Anda mungkin menemukan kekuatan yang belum tergali yang tidak pernah Anda bayangkan dimiliki oleh perusahaan Anda. Berikut di bawah ini terdapat 6  strategi jitu dalam menangani persaingan dalam bisnis:

• Fokus Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Jika Anda benar-benar ingin memerangi persaingan, Anda perlu membangun reputasi keunggulan dalam satu ceruk tertentu. Berfokuslah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu atau sejumlah kecil kebutuhan dengan kemampuan terbaik Anda dan lakukan dengan lebih baik daripada pesaing Anda.

• Memanfaatkan Kompetisi

Salah satu strategi efektif untuk menangani persaingan adalah mencari cara untuk mengubah pesaing Anda menjadi klien. Tidak semua pesaing Anda mungkin menargetkan klien yang sama dengan Anda. Dengan mempelajari spesialisasi pesaing Anda, Anda dapat membangun jaringan dan merujuk klien kepada mereka. Sebagai imbalannya, berbagi tentang produk dan layanan Anda memberikan peluang bagi pesaing untuk merujuk bisnis kecil Anda ke klien mereka.

• Pelajari Perusahaan-Perusahaan Besar

Strategi bisnis kompetitif yang berfungsi secara menyeluruh adalah mengkaji apa yang telah dilakukan oleh perusahaan lain dengan sumber daya lebih banyak di masa lalu. Anda dapat belajar dari kesalahan mereka dan mengadopsi strategi sukses mereka sebagai milik Anda. Belajar dari perusahaan besar dengan sumber pendapatan dan tenaga kerja yang lebih besar dapat memberi Anda perspektif baru dalam menangani persaingan.

• Membangun Jaringan Hubungan Yang Sinergis

Membangun jaringan hubungan yang sinergis juga dapat membantu Anda memerangi persaingan. Carilah di industri Anda untuk menemukan perusahaan yang memiliki sinergi yang sama, namun bukan pesaing langsung, lalu dekati mereka dengan proposal usaha patungan. Misalnya, jika Anda seorang penjual bunga pernikahan, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan alat tulis pernikahan untuk menawarkan paket bersama.

• Mulai dari Lokal

Basis pelanggan terbaik yang dapat Anda bangun adalah basis pelanggan yang mengelilingi bisnis kecil Anda. Anda perlu belajar bagaimana mulai menangani persaingan di daerah Anda sebelum membuka cabang untuk mencoba dan melayani orang lain. Mulailah secara lokal dan bangun untuk melayani komunitas sekitar.

• Terlibatlah Dalam Komunitas Lokal Anda

Kelompok masyarakat, kegiatan dan inisiatif adalah hal-hal penting yang dapat membantu Anda mengembangkan strategi bisnis yang lebih kompetitif. Ini adalah cara terbaik untuk membangun hubungan yang tulus di wilayah Anda, dan periklanan dari mulut ke mulut adalah salah satu cara paling efektif untuk memberi merek pada bisnis Anda. Lawan persaingan dengan tampil dan aktif di area Anda.

Persaingan dalam dunia bisnis bersifat sehat karena mendorong kreativitas dan inovasi. Anda dapat memerangi persaingan dengan mengenal pesaing Anda dan menggunakan informasi tentang mereka untuk keuntungan Anda sendiri. Kunci dari semua tips di atas adalah membangun hubungan yang kuat dan berkomunikasi secara efektif dengan pemilik bisnis dan pelanggan di komunitas Anda. Ambil pendekatan proaktif dalam menangani persaingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *