UMKM  

7 Manfaat Internet Bagi Kesuksesan UMKM

Manfaat Internet untuk UMKM
Created by graparinews

Di era digital ini, internet sudah menjadi kebutuhan yang penting. Manfaat internet sudah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, bisnis, dan lain sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mengalami perkembangan yang sangat pesat karena adanya internet. Kini internet telah membuat jangkauan usaha UMKM semakin luas.

Banyak UMKM yang telah memanfaatkan internet untuk menunjang usahanya. Bahkan, internet kini dijadikan sebagai elemen terpenting dalam berbisnis.

Berikut di bawah ini 7 manfaat internet untuk kesuksesan UMKM.

Sebagai Tempat Promosi

Manfaat internet bagi UMKM yang pertama adalah dapat menjadi sarana promosi yang murah dan mudah. Jika Anda sebagai pelaku UMKM ingin berpromosi melalui iklan televisi, maka Anda pasti merogoh kocek lebih dalam dan biaya yang dikeluarkan belum tentu sepadan dengan hasil yang didapat.

Jika ditelisik lebih jauh, promosi melalui media sosial akan jauh lebih efektif karena tidak memerlukan biaya. Anda hanya perlu memberikan informasi mengenai keunggulan produk Anda dan mengemasnya dengan menarik.

Namun jika ingin menjangkau lebih luas, Anda bisa menggunakan iklan di media sosial dengan budget mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Tentu saja ini juga tergantung pada opsi promosi yang Anda pilih.

Meningkatkan  Merek

Pada produk UMKM yang masih tergolong baru. Anda bisa memanfaatkan internet dengan cara  pemasaran digital untuk mempromosikan produk Anda, seperti merencanakan kampanye terlebih dahulu agar pemasarannya booming. Karena pemasaran digital akan memperkenalkan produk lebih cepat dibandingkan pemasaran konvensional.

Memudahkan pencatatan dan pengukuran data

Segala aktivitas digital marketing akan terekam dengan baik di memori internet, meski dilakukan ribuan kali. Pelaku UMKM akan sangat mudah mengakses materi pemasaran yang sudah ada selama bertahun-tahun.

Dengan menggunakan internet marketing, Anda juga dapat mengukur seberapa baik penjualan dibandingkan dengan counter pemasaran. Anda juga bisa mengetahui data produk apa saja yang banyak dibeli konsumen, berapa banyak konsumen yang datang untuk melihatnya sehingga Anda bisa memaksimalkannya.

Jualan Online

Manfaat internet kini menyentuh seluruh aspek kehidupan, terutama untuk kebutuhan penjualan. Banyak yang menggunakan internet untuk berjualan online.

Penjualan online saat ini sangat digemari oleh para pebisnis khususnya UMKM. Akses yang mudah  serta dapat menjangkau berbagai wilayah membuat berjualan di media online digemari, baik oleh pemilik usaha UMKM maupun Konsumen.

 Menganalisis Pasar

Jika Anda seorang UMKM pemula maka Anda pasti membutuhkan banyak referensi untuk memasarkan produk Anda. Nah, dalam hal ini internet menjadi kunci penting dalam mengakses informasi dengan cepat dan efisien.

Hanya dengan mengunjungi website, blog atau video tutorial, Anda dapat menerapkan riset pemasaran dan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan atau pelanggan.

Dengan menganalisa pasar, Anda akan mendapatkan ide-ide yang cukup cemerlang untuk mengembangkan bisnis yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Meminimalkan Biaya

Jika dibandingkan dengan toko yang menggunakan promosi yang menyebarkan brosur, membuat spanduk, neon box, spanduk, menggunakan media internet jauh lebih murah. Tentu saja menghemat biaya dengan hasil yang lebih banyak. Selain itu, internet juga dapat menjangkau lebih jauh jika dibandingkan dengan promosi melalui brosur.

Peluang Pasar yang Lebih Luas

Media internet tidak hanya fleksibel dalam waktu, namun juga sangat fleksibel dalam hal jarak. Teknologi ini sangat memudahkan masyarakat awam untuk mengakses informasi melalui laptop atau smartphone dimanapun di seluruh dunia selama tersedia jaringan internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *