Bisnis  

Alasan Mengapa Investasi Itu Penting, Simak di Bawah Ini

investasi
Created by graparinews

Tidak semua orang menabung untuk masa pensiun, dan bahkan mereka yang menabung mungkin tidak menyisihkan cukup uang untuk bertahan selama masa pensiun. Sebuah studi Federal Reserve tahun 2020 menunjukkan bahwa sekitar 25% orang yang belum pensiun tidak menabung untuk masa pensiun. Namun, setiap orang perlu berinvestasi untuk menciptakan kekayaan, mengalahkan inflasi, dan menabung untuk masa pensiun dan tujuan keuangan lainnya.

Berinvestasi tidak harus melibatkan tabungan dalam jumlah besar. Karena bunga majemuk, Anda bisa mendapatkan uang dari jumlah awal yang Anda investasikan ditambah seluruh akumulasi bunga dari periode sebelumnya. Meskipun setiap orang harus berinvestasi, setiap orang memiliki strategi investasi berbeda yang sesuai dengan tujuan pribadi dan keuangannya.

Apa itu Investasi?

Investasi adalah tindakan membeli aset atau barang dengan tujuan menghasilkan pendapatan dan apresiasi. Investasi, yaitu aset atau barang yang dibeli, digunakan untuk menciptakan kekayaan di masa depan. Seringkali, barang-barang ini berbentuk saham atau obligasi, namun bisa juga berupa real estat atau aset alternatif seperti mata uang kripto atau emas.

Mengapa Anda Harus Berinvestasi?

Menginvestasikan uang Anda penting karena beberapa alasan. Anda ingin menciptakan kekayaan untuk membantu pada saat dibutuhkan, kehilangan pekerjaan, atau untuk tujuan masa depan. Anda juga ingin memanfaatkan bunga majemuk sambil mempertimbangkan inflasi, sehingga uang Anda tidak akan berkurang nilainya seiring berjalannya waktu. Selain itu, jika Anda berencana untuk berhenti bekerja suatu saat dan pensiun, berinvestasi penting untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Berikut di bawah ini alasan mengapa investasi itu penting.

Penciptaan kekayaan

Kekayaan dapat memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Ini bisa berarti sejumlah uang di rekening bank Anda, atau bisa juga didefinisikan sebagai tujuan keuangan tertentu yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Apa pun pilihannya, berinvestasi dapat membantu Anda mencapainya.

Jika tujuan Anda adalah melunasi hutang, menyekolahkan anak Anda ke perguruan tinggi, membeli rumah, memulai bisnis, atau menabung untuk masa pensiun, berinvestasi dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut lebih cepat daripada uang yang terakumulasi di rekening bank Anda. Dengan berinvestasi, Anda dapat membangun kekayaan, yaitu peningkatan nilai seluruh aset Anda.

Penciptaan kekayaan bukan hanya tujuan yang dapat membantu Anda menjalani hidup. Anda dapat meninggalkan warisan finansial dengan membangun kekayaan generasi melalui investasi. Kekayaan generasi tidak hanya memberikan pijakan finansial yang kuat bagi anak-anak Anda, namun juga dapat menjadi langkah untuk menjembatani kesenjangan kekayaan yang dihadapi oleh banyak komunitas.

Penggabungan

Dengan berinvestasi, Anda bisa memanfaatkan bunga majemuk . Bunga majemuk adalah bunga yang Anda peroleh atas uang yang Anda investasikan ditambah uang yang diperoleh pada setiap periode sebelumnya. Kadang-kadang disebut “bunga demi bunga.” Bunga majemuk memungkinkan Anda meningkatkan kekayaan dengan cepat.

Untuk Mengalahkan Inflasi

Inflasi mengacu pada kenaikan keseluruhan tingkat harga produk dari waktu ke waktu. Jika harga naik seiring berjalannya waktu, ini berarti uang Anda membeli lebih sedikit hari ini dibandingkan kemarin. Jika terjadi inflasi dalam jangka waktu 30 atau 40 tahun, nilai uang Anda akan jauh lebih rendah sementara biaya hidup meningkat. Salah satu cara untuk mengalahkan inflasi adalah dengan menginvestasikan uang Anda. Jika uang Anda menghasilkan lebih dari tingkat inflasi, ini berarti uang Anda akan bernilai lebih tinggi di masa depan dibandingkan hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *