Bisnis  

Apa itu Marketing dalam Dunia Bisnis?

Marketing
created by graparinews

Marketing  adalah proses menciptakan dan menyampaikan argumen berbasis nilai untuk penawaran. Lalu apa itu Marketing dalam dunia bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Marketing

Marketing mencakup setiap bagian dari rencana untuk mengubah calon konsumen menjadi pelanggan yang bahagia dan puas. Ini mencakup segalanya mulai dari riset pasar hingga periklanan. Tujuan marketing atau pemasaran adalah meyakinkan seseorang bahwa produk Anda layak untuk diinvestasikan, membangun loyalitas merek, dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ini bukanlah tugas yang mudah. Itu sebabnya pemasar perlu meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang calon pelanggan. Hal ini memungkinkan mereka menemukan strategi pemasaran mana yang paling efektif dalam menerobos lautan taktik pemasaran yang padat.

Bagaimana Pemasaran Bekerja untuk Usaha Kecil

Menurut penelitian, hampir 90% usaha kecil berinvestasi dalam dunia marketing/pemasaran. Pemasaran adalah alat yang sangat baik untuk meningkatkan kesadaran akan produk Anda serta menjadikan diri Anda sebagai merek yang andal dan bereputasi baik di ceruk pilihan Anda.

Jika Anda ingin terjun ke jalur marketing dengan bisnis kecil Anda, langkah pertama yang baik adalah mempertimbangkan 4 hal di bawah ini.

  • Produk

Produk  Apa yang anda tawarkan? Ini bisa berupa produk fisik, barang digital, layanan, acara, atau pengalaman. Susun fitur-fitur utama produk Anda dan tentukan apa yang membuatnya unik di pasar Anda.

  • Harga

 Berapa tarif yang Anda kenakan untuk produk Anda? Hitung ini dengan menentukan harga pokok bersih Anda dan kemudian menambahkan jumlah tambahan untuk memenuhi margin keuntungan yang Anda inginkan.

  • Tempat

 Di mana Anda menjual barang Anda? Misalnya, Anda mungkin memiliki toko fisik atau platform e-niaga. Tempat Anda menjual menentukan di mana dan bagaimana Anda memasarkan produk Anda.

  • Promosi

 Bagaimana Anda menyebarkan informasi tentang produk Anda? Ini biasanya merupakan gabungan dari berbagai strategi pemasaran, termasuk iklan berbayar, pemasaran konten, pemasaran media sosial, dan banyak lagi.

Dengan mengingat empat prinsip ini, Anda akan lebih mudah memutuskan strategi pemasaran yang solid.

Marketing Strategy/Strategi Pemasaran

Ada berbagai macam strategi pemasaran yang tersedia untuk usaha kecil. Umumnya, sebagian besar bisnis menggunakan perpaduan alat pemasaran tradisional dan digital untuk membantu menjangkau sebanyak mungkin orang. Lihatlah beberapa ide populer ini untuk melihat apakah ada yang cocok untuk perusahaan pemula Anda.

  • Email Marketing/Email Pemasaran

Email Marketing adalah pendekatan yang sangat populer, dengan 90% perusahaan memeringkatnya sebagai hal yang penting bagi kesuksesan mereka secara keseluruhan. Dan kita dapat melihat alasannya, karena perusahaan memperoleh $42 untuk setiap dolar yang mereka keluarkan untuk Email Marketing.

Email Marketing melibatkan pengumpulan email konsumen yang tertarik dan kemudian mengirimkan mereka pembaruan informatif tentang produk dan perusahaan Anda. Beberapa kampanye email berfungsi sebagai alat pengembangan prospek yang membangun minat terhadap produk Anda dari waktu ke waktu, sementara kampanye lainnya dapat mencakup promosi, penawaran musiman, atau bahkan pembaruan buletin.

  • Social Media Marketing/Pemasaran media sosial

Penelitian memperkirakan bahwa 92% bisnis menggunakan media sosial untuk pemasaran. Social Media Marketing sangat populer karena, sebagian besar, membuat akun dan memposting konten tentang merek gratis. Dan yang terbaik dari semuanya, setiap saluran media sosial dapat membantu Anda menyesuaikan dengan audiens tertentu.

Misalnya, Facebook sangat baik dalam menargetkan generasi Baby Boomer, sedangkan YouTube, Instagram, dan TikTok lebih baik dalam menjangkau pengguna muda. Anda dapat menggunakan campuran foto, video, tautan, dan konten berdurasi panjang untuk melibatkan dan menyenangkan pengikut Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *