Bisnis  

Apa Saja Jenis-Jenis Inovasi Dalam Bisnis?

Inovasi Bisnis
Created by graparinews

Inovasi bisnis merupakan salah satu hal  penting dalam menuju kesuksesan di dunia bisnis. Tidak semua proses inovasi itu identik. Inovasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Lalu apa saja jenis-jenis inovasi dalam bisnis? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Inovasi Tambahan

Inovasi tambahan melibatkan perbaikan kecil dan bertahap terhadap produk, layanan, atau proses yang ada. Meskipun hal ini mungkin tidak menghasilkan penciptaan produk baru atau konsep baru, hal ini dapat meningkatkan penciptaan nilai dan menghasilkan dampak positif.

Perusahaan pencukur Gillette memahami pentingnya perbaikan bertahap. Meskipun perombakan produk secara besar-besaran jarang terjadi, perusahaan selalu mencari cara untuk menyempurnakan pisau cukurnya.

Ketika perusahaan menemukan cara untuk melakukan perbaikan produk secara bertahap sehingga menghasilkan pisau cukur yang sedikit lebih baik, pada saat yang sama perusahaan tersebut menjadi sedikit lebih menguntungkan.

Contoh yang bagus adalah ketika perusahaan beralih dari pisau cukur Mach3 ke pisau cukur Fusion dengan mengusulkan produk baru sebagai solusi pencukuran yang lebih baik.

Inovasi Radikal

Inovasi radikal biasanya melibatkan pembuatan terobosan atau penemuan besar yang menciptakan pasar baru atau mengubah pasar yang sudah ada secara signifikan. Inovasi-inovasi ini lebih terlihat dan mewakili upaya yang berisiko lebih tinggi dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

Keputusan Apple untuk meluncurkan iPhone ke pasar pada tahun 2007 adalah contoh bagus dari inovasi radikal. Pada saat itu, iPhone mewakili kombinasi tiga produk unik: ponsel, iPod layar sentuh, dan perangkat penghubung portabel yang memungkinkan pengguna mengakses email, penelusuran web, dan navigasi saat bepergian. Kini, lebih dari 120 juta orang Amerika memiliki iPhone.  

Inovasi Disruptif

Inovasi disruptif menciptakan pasar atau jaringan nilai baru yang menggantikan pasar atau jaringan nilai yang sudah ada. Daripada memperkenalkan produk baru untuk melayani pasar yang sudah ada, inovasi disruptif mewakili penciptaan pasar baru yang mendisrupsi status quo.

Netflix memperkenalkan inovasi disruptif ketika memutuskan untuk membawa bisnis DVD-by-mail ke level berikutnya dengan menyediakan streaming online. Pada saat itu, orang-orang menerima DVD melalui pos atau mengambilnya dari layanan lokal.

Segalanya berubah ketika Netflix memutuskan untuk beralih ke streaming online. Sekarang, pasar streaming video diproyeksikan tumbuh lebih dari $100 miliar dalam lima tahun ke depan.

Inovasi Arsitektur

Inovasi arsitektur membuat perubahan besar pada arsitektur produk atau layanan untuk menarik pasar dan konsumen baru. Dengan kata lain, ia mengemas ulang produk, layanan, atau ide yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan baru atau menarik pelanggan baru.

Meskipun jam tangan pintar sudah ada dalam berbagai bentuk sebelum Apple Watch, September 2014 mewakili perkembangan besar dalam industri ini ketika Apple memperkenalkan teknologi wearable pertamanya ke pasar.

Sejak awal, Apple Watch telah melampaui raksasa seperti Rolex di industri jam tangan. Apple Watch mewakili inovasi arsitektur karena menggabungkan teknologi ponsel cerdas yang ada ke dalam bentuk berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *