Bisnis  

Bagaimana Melakukan Riset untuk Bisnis Anda? Simak Penjelasannya di Bawah Ini

Riset Bisnis
created by graparinews

Melakukan riset dalam bisnis merupakan salah satu hal yang penting. Lalu bagaimana melakukan riset untuk bisnis anda? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Definisikan masalahnya

Mulailah dengan mengidentifikasi fokus penelitian Anda. Mengetahui pertanyaan apa yang ingin Anda jawab akan membantu Anda menyusun penelitian secara efektif.

  1. Tentukan anggaran dan jangka waktu Anda

Berapa banyak yang mampu Anda keluarkan untuk proses penelitian? Seberapa cepat Anda perlu menyelesaikan pengumpulan data? Seperti semua strategi yang Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda, penelitian harus dilakukan sesuai sumber daya yang Anda miliki. Namun, tergantung pada urgensi pertanyaan yang Anda jawab, mungkin ada baiknya mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan hasil selengkap mungkin.

  1. Rancang metode dan kebutuhan Anda

Identifikasi data apa yang perlu dikumpulkan dan bagaimana Anda akan mengumpulkannya. Beberapa pilihannya adalah observasi, survei, panggilan telepon, atau kelompok fokus. Jika Anda tidak yakin bagaimana menyusun pengumpulan data Anda, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan firma riset profesional.

  1. Pilih metode pengambilan sampel

Bagaimana Anda memilih partisipan untuk penelitian Anda? Anda mungkin memerlukan pengambilan sampel secara acak dari populasi umum konsumen, kelompok yang semuanya memiliki faktor gaya hidup yang sama, atau tanggapan hanya dari orang-orang yang sudah menjadi pelanggan Anda. Buat rencana untuk mengidentifikasi dan menghubungi peserta Anda.

  1. ​​Rencanakan analisis data

Putuskan bagaimana Anda akan menganalisis data Anda. Apakah Anda memerlukan data kuantitatif untuk analisis statistik atau data observasi kualitatif untuk memberi Anda gambaran luas? Apakah Anda akan menggunakan perangkat lunak atau melakukannya dengan tangan? Luangkan waktu untuk mempelajari berbagai metode analisis untuk menemukan metode yang paling tepat menjawab pertanyaan penelitian Anda.

  1. Pengumpulan data

Setelah Anda mengetahui pertanyaan apa yang ingin Anda jawab dan telah merancang metode penelitian untuk menjawabnya dalam batasan anggaran dan waktu yang tersedia, inilah saatnya mengumpulkan data. Banyak bisnis bekerja dengan perusahaan atau konsultan profesional untuk melakukan penelitian sebenarnya.

  1. Analisis data

Betapapun sederhananya data Anda pada pandangan pertama, Anda tetap ingin menggunakan metode analisis khusus untuk memastikan bahwa Anda memahami apa yang disampaikan data tersebut kepada Anda.Metode analisis yang Anda gunakan akan bergantung pada jenis data yang Anda kumpulkan. Hal ini juga harus dilakukan saat Anda memeriksa kesalahan, yang dapat terjadi dalam metode pengambilan sampel, pengumpulan data, dan analisis Anda.

  1. Buat laporan Anda

Langkah terakhir dari proses penelitian adalah menyusun laporan tentang temuan Anda. Laporan Anda harus menguraikan keseluruhan proses penelitian, mulai dari pengembangan pernyataan masalah hingga hasil analisis data Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *