UMKM  

Berikut 7 Jajanan Berbahan Dasar Aci, Cocok Dijadikan Cemilan

jajanan aci
created by graparinews

Di jawa barat terkenal akan berbagai makanan dari bahan dasar aci, harganya yang terjangkau dan rasanya enak. Membuat jajanan dari aci banyak digermari. Berikut 7 jajanan berbahan dasar aci, Cocok Dijadikan cemilan.

  • Cireng

Jajanan pertama berbahan dasar aci adalah cireng, merupakan singkatan dari (aci digoreng). Seperti namanya cireng ini merupakan tepung tapioka yang dibentuk pipih kemudian digoreng.

Cireng terdapat dua macam, ada yang polos dan ada yang terdapat isian. Cireng polos biasanya ditambahkan toping bawang daun dan cabai sedangkan yang memiliki isi tersedia berbagai isian, seperti ayam suir, kornet, sosis, keju dan lain lain.

  • Cimol

Jajanan kedua berbahan dasar aci adalah cimol, orang-orang jawa barat memiliki kebiasan unik memberikan nama makanan berdasarkan singkatan. Seperti cimol ini merupakan singkatan dari (aci digemol).

Cimol berbetuk bulat yang digoreng, tidak memiliki isian namun saat ini sudah banyak yang ditambahkan inovasi isi seperti keju. Cimol biasanya disantap bersama bumbu asin, pedas dan balado.

  • Cimin

Cimin merupakan singkatan dari (aci mini), sama seperti namanya cimin ini merupakan aci yang dibentuk kotak kotak kecil digoreng bersama dengan telur, membuat cimin ini menjadi makanan yang enak dan menggunggah selera.

Sama dengan cimol, cimin biasanya diaduk dengan berbagai bumbu seperti atom, bumbu pedas, jagung bakar, barbeque dan lain lain.

  • Cilor

Jajanan keempat dari bahan dasar aci adalah cilor, mirip dengan cimin dan cimol. Cilor merupakan singkatan dari (aci telor), biasanya dibentuk bulat seperti cimol dan dibaluri dengan telor saat digoreng.

Hanya saja cilor ini ditusuk dengan tusukan sate, biasanya cilor dijual bersama dengan telur gulung.

  • Cibay

Yang kelima, jajanan dari bahan dasar aci adalah cibay, cibay merupakan singkatan dari (Aci ngambay). Dinamakan begitu, karena cibay merupakan aci yang dibuat mengambai kemudian dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng di api yang panas.

  • Cilok

Jajanan selanjutnya berbahan dasar aci adalah cilok (aci dicolok), merupakan aci berbentuk bulat seperti cimol yang dibalur dengan bumbu kacang dan kecap dan diberikan tusukan dari bahan bambu seperti tusuk sate atau tusuk gigi.

Selain dibaluri bumbu kacang yang pedas dan manis, terdapat  juga cilok yang diberi bumbu saos dan kecap serta bumbu asin seperti atom.

  • Cilung

Dan yang terkahir dari jajanan berbahan dasar aci adalah cilung (aci digulung). Cara pembuatannya adalah adonan aci cair digoreng diminyak yang panas kemudian digulung menggunakan kayu kecil.

Kemudian cilung tersebut dimasukan ke dalam bawang goreng, biasanya tersedia 2 jenis bawang, yang original dan yang pedas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *