Berikut di Bawah ini Tips Investasi Untuk Pemula

investasi
Created by graparinews

Di era yang super modern ini, menggandakan uang Anda sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup di masa depan. Salah satunya dengan investasi. Banyak orang yang takut investasi akan mengakibatkan kerugian, investasi membutuhkan modal yang besar. Ketakutan berikutnya adalah investasi itu rumit dan memerlukan pengetahuan khusus. Padahal, berinvestasi akan mudah jika kita mempelajari atau memantau investasi kita secara rutin.

Investasi merupakan sebuah pilihan yang bisa kita manfaatkan dengan bijak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu belajar dan menggali informasi terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi dalam bentuk apapun.

Berikut di bawah ini tips investasi untuk pemula.

Pilih Platform Investasi yang Tepat

Berinvestasi itu seperti menanam pohon. Perbanyaklah browsing dan cari tahu platform investasi yang tepat untuk pemula dan jangan sampai salah dalam memilih cara investasi, karena akan sangat merugikan Anda.

Jangan menunggu sampai Anda mapan sebelum berinvestasi, tetapi berinvestasilah untuk menjadi mapan dengan selalu mencari cara yang tepat untuk berinvestasi. Untuk itu, berinvestasilah sedini mungkin.

Kembangkan Pola Pikir yang Benar

Optimis, pantang menyerah dan tidak takut mengambil resiko. Tanamkan pola pikir ini sebelum memulai. Pola pikir merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang selain dari kerja keras, pengalaman, skill, jaringan dan lain sebagainya.

Karena pada dasarnya pola pikir mempengaruhi kebiasaan dan tindakan sehari-hari. Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh pola pikir dengan persentase 80% dan 20% adalah skill. Pola pikir mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mencapai kesuksesan. Sebagian orang menganggap investasi adalah cara cepat kaya.

Menentukan Tujuan Investasi Secara Spesifik

Setiap investasi harus memiliki tujuan yang jelas. Beberapa tujuan investasi yang umum dilakukan antara lain menyiapkan dana pendidikan, rencana pensiun, membeli rumah/apartemen, membeli kendaraan, merenovasi properti, atau menyiapkan dana pensiun. Jika Anda memiliki jasa perencana atau penasihat keuangan, Anda dapat berkonsultasi dengan rencana tersebut untuk mendiskusikan waktu dan instrumen investasi. Jika Anda tidak memiliki penasihat keuangan, itu tidak menjadi masalah, pilih saja impian atau tujuan yang menurut Anda penting dan membuat Anda semangat untuk mulai berinvestasi.

Menentukan Jangka Waktu Dan Target Dana Yang Dibutuhkan

Penentuan jangka waktu investasi akan mempengaruhi nominal investasi dan jenis instrumen yang dipilih untuk mencapai kebutuhan dana. Semakin pendek jangka waktu investasi maka jumlah nominal yang harus dialokasikan biasanya relatif lebih besar, pilihan instrumen juga akan jatuh pada instrumen yang lebih aman/stabil atau memiliki volatilitas yang lebih rendah.

Pelajari analisis saham

Seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin terbiasa dengan pergerakan naik turunnya nilai saham. Namun, trading saham bukan hanya sekedar intuisi melainkan harus berdasarkan analisa yang mendalam. Nilai saham suatu perusahaan dapat diprediksi dengan mempelajarinya. Caranya adalah dengan mempelajari laporan keuangan atau portofolio perusahaan selama beberapa tahun terakhir, mengikuti perkembangan perusahaan melalui berita dan informasi terkini. Dengan mempelajarinya, Anda bisa menentukan saham mana yang akan Anda beli yang akan menghasilkan return maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *