Budaya  

Mengenal Fakta Menarik Suku Jawa, Si Ulet dan Pekerja Keras

Suku Jawa
Created by graparinews

Suku Jawa merupakan suku mayoritas yang mendiami Pulau Jawa dan cukup banyak ditemukan di Indonesia. Terdapat fakta-fakta menarik dari suku jawa yang mungkin belum anda ketahui, berikut artikel ini akan membahas mengenai fakta menarik suku jawa, si ulet dan pekerja keras.

Terkenal Pemalu  Namun Suka Menyapa

Kebiasaan yang familiar dari orang Jawa adalah mereka dikenal pemalu, namun suka menyapa. Biasanya masyarakat jawa masih merasa malu  ketika berada di lingkungan baru atau orang jawa yang baru saja pindah ke suatu kota. Biasanya ketika disapa, orang Jawa hanya akan menganggukkan kepala atau sekedar tersenyum.

Lain cerita apabila sudah saling mengenal, orang jawa biasanya akan menyapa dengan ramah terlebih dahulu.

Tenang atau Kalem

Masyarakat Jawa cenderung menunjukkan tingkat kesopanan yang tinggi dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Seperti penggunaan bahasa ngoko, tata krama alus, dan tata krama lugu untuk menciptakan ketenangan. Meski terkesan kalem dan kalem, orang Jawa juga bisa menunjukkan ketegasan dengan cara yang halus.

Hal ini dilakukan untuk menghindari konflik. Sifat ini juga mencerminkan tingkah laku sehari-hari, antara lain berbicara, berinteraksi, dan berperilaku yang sangat dijunjung tinggi demi terciptanya lingkungan pergaulan yang baik.

Ulet dan Pekerja keras

Pekerja keras merupakan sifat yang dimiliki oleh masyarakat Jawa karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dan mengerjakan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Sifat ini didorong oleh kegigihan sebagian besar masyarakat Jawa.

Mereka menghargai usaha keras dan konsistensi dalam bekerja untuk mencapai tujuan. Hal ini mungkin terjadi karena budaya pertanian yang mengharuskan mereka bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan dari lahan pertanian.

Meski begitu, orang Jawa bisa menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Oleh karena itu, mereka mampu memahami pentingnya waktu bersama kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat.

Menghindari Konflik

Kebanyakan orang Jawa lebih memilih perdamaian atau menghindari konflik. Bukan berarti semua orang Jawa seperti itu, tapi secara umum itulah ciri khas yang dimiliki orang Jawa.

Ketika menghadapi suatu masalah atau konflik dengan orang lain, yang diinginkan adalah kedamaian atau penyelesaian masalah yang baik. Tak jarang masyarakat Jawa memilih mengalah ketimbang membuat masalah semakin keruh. Tindakan ini bukan berarti rasa takut, namun justru menghindari konflik yang lebih besar sehingga keharmonisan tetap terjaga.

Sederhana

Masyarakat Jawa juga terkenal dengan kesederhanaannya. Orang Jawa bukanlah tipe orang yang suka melakukan hal-hal yang berlebihan atau suka berpetualang.

Secara penampilan, orang Jawa juga cenderung sederhana. Orang Jawa tidak suka menampilkan sesuatu secara berlebihan. Terkadang, orang besar malah terlihat seperti orang kecil karena kesederhanaannya. Hal terpenting dalam hidup adalah kebahagiaan melalui kesederhanaan.

Aksen Medon

Aksen medok merupakan ciri khas tuturan bahasa Jawa yang paling mudah dikenali. Bukan berarti karena kamu sudah terbiasa menggunakan karakter medok. Namun struktur rongga mulut, tenggorokan dan letak pengklasifikasian kata dan kalimat mempunyai kecenderungan yang kuat di kepala untuk menghasilkan karakter medok.

Oleh karena itu, sifat medok sulit dihilangkan karena bersifat genetik. Mirip dengan India, ketika berbicara, mereka selalu menggelengkan kepala dan mengulurkan tangan, dimulai dari masa kanak-kanak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *