Bisnis  

Pengertian Persaingan Bisnis dan Jenis-jenisnya

persaingan bisnis
Created by graparinews

Persaingan adalah sebuah fakta di dalam berbisnis. Bisnis melihat persaingan dalam bentuk harga, kualitas, desain, penjualan, lokasi, dan hampir setiap proses bisnis.

Banyak orang yang mengeluhkannya, banyak yang mengambil hikmahnya, dan banyak pula yang lari darinya. Namun sebagian besar belum mengetahui arti sebenarnya dari persaingan bisnis.

Berikut di bawah ini pengertian persaingan bisnis dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Persaingan Bisnis?

Persaingan dalam dunia bisnis  adalah persaingan antar perusahaan yang menjual produk serupa dan atau menyasar target audiens yang sama untuk mendapatkan lebih banyak penjualan, meningkatkan pendapatan, dan memperoleh pangsa pasar lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan lain.

Jenis Persaingan Bisnis

Disebut juga persaingan pasar, persaingan bisnis biasanya terjadi dalam pasar yang menguntungkan banyak pemain menghasilkan produk serupa, menjual melalui saluran serupa, dan bahkan menargetkan audiens yang sama. Namun persaingan ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis.

1. Persaingan Langsung

Pesaing langsung adalah vendor yang menjual produk yang sama kepada khalayak yang sama dan bersaing untuk mendapatkan pasar potensial yang sama.

Contoh yang sangat baik dari pesaing langsung adalah persaingan bisnis Burger King dan McDonald’s. Kedua perusahaan ini:

  • Beroperasi di industri yang sama (makanan cepat saji),
  • Menawarkan produk serupa (burger dan produk makanan cepat saji terkait),
  • Memenuhi kebutuhan yang sama,
  • Gunakan saluran distribusi yang sama (rantai ritel, takeaway, dan pengiriman ke rumah),
  • Targetkan audiens yang sama (individu yang bekerja).

2. Persaingan Tidak Langsung

Pesaing tidak langsung adalah vendor yang menjual produk atau jasa yang belum tentu sama namun memuaskan kebutuhan konsumen yang sama.

Contoh pesaing tidak langsung adalah McDonald’s dan Pizza Hut.

Meskipun kedua vendor ini menjual produk yang berbeda, mereka dianggap sebagai pesaing karena

  • Beroperasi di industri yang sama
  • Targetkan audiens yang sama
  • Memenuhi kebutuhan yang sama

2. Persaingan Potensial atau Pengganti

Pesaing pengganti disebut juga pesaing potensial adalah vendor yang mempunyai kemampuan untuk menggantikan penawaran bisnis secara keseluruhan dengan memberikan solusi baru.

Ponsel pintar merupakan pesaing pengganti kamera digital. Meskipun kedua produk ini memiliki kegunaan yang berbeda, smartphone memiliki kemampuan untuk memberikan solusi yang benar-benar baru terhadap kebutuhan fotografi pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *