Wisata  

Remomendasi Wisata di Palembang, Ibu Kota Sumatera Selatan

wisata palembang
graparinews

Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang merupakan kota yang indah. Kota ini juga dilalui oleh Jalan Trans Sumatera yang merupakan jalur yang menghubungkan wilayah-wilayah di Pulau Sumatera. Berikut artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi wisata di Palembang, ibu kita Sumatera Selatan.

Jembatan Ampera

Jembatan yang menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini menjadi ikon tempat wisata di Palembang. Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi anak muda, terutama pada malam Minggu. Jika ingin menikmati pengalaman berbeda, cobalah makan malam di atas perahu yang berlayar menyusuri Sungai Musi. Berdekatan dengan Jembatan Ampera terdapat objek wisata sejarah yaitu Benteng Kuto Besak. Benteng ini merupakan bekas bangunan Kesultanan Palembang Darussalam.

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Palembang yang saat itu dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758. Setelah melalui proses pengembangan lebih lanjut, Kuto Besak Benteng kini ditempati oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya dan memiliki ruang terbuka yang dapat dijadikan sebagai saran rekreasi dan wisata ketika berkunjung ke Palembang.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Masjid yang merupakan masjid terbesar di Palembang ini awalnya diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1738 hingga 1748 dengan luas sekitar 1.080 M2. Setelah mengalami renovasi dan penambahan bangunan, luas keseluruhan masjid ini menjadi 15.400 M2.

Keindahan arsitekturnya yang merupakan perpaduan arsitektur Timur Tengah dan Tiongkok menjadi daya tarik untuk mengunjungi destinasi wisata religi ini. Apalagi lokasinya masih dekat dengan Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

Taman Wisata Alam Punti Kayu

Bagi para pecinta alam, destinasi wisata di palembang ini mungkin bisa menjadi referensi. Taman Wisata Punti Kayu merupakan hutan pinus dimana pengunjung tidak hanya bisa menikmati alam namun juga melakukan aktivitas outbond dan melihat berbagai jenis satwa seperti kera bermain bebas.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi. Tak hanya menyuguhkan keindahan alam yang menggugah decak kagum, pulau ini juga dilengkapi dengan pagoda dan pura yang indah.

Jika Anda tertarik mengunjungi pulau ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja, ketika ingin menyeberang ke salah satu tempat wisata tersebut, Anda harus merogoh kocek untuk mengeluarkan biaya transportasi.

Kebun Teh Dempo

Anda bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan teh yang luas serta menghirup udara sejuk khas Gunung Dempo dengan mengunjungi lokasi wisata ini. Bagi anda yang menginginkan kesegaran alam bisa mengunjungi tempat ini.

Danau Ranau

Danau Ranau merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di Pulau Sumatera yang memiliki panorama alam menakjubkan dan air yang sangat jernih. Tentunya Anda bisa sembuh dengan baik jika mengunjungi tempat wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *