Bisnis  

Tips Manajemen Waktu Sederhana Untuk Pemilik Bisnis

manajemen waktu untuk pebisnis
Created by graparinews

Bagi seorang pebisnis, terkadang waktu terasa begitu sedikit dan terlalu banyak yang harus dilakukan. Oleh karena itu pentingnya dilakukan manajemen waktu, agar lebih efektif dan efesien dalam menjalankan bisnis.

Berikut di bawah ini terdapat tips manajemen waktu sederhana untuk pebisnis.

Apa Itu Manajemen Waktu?

Singkatnya, manajemen waktu adalah proses pengorganisasian, perencanaan, dan pengendalian strategis waktu yang Anda habiskan untuk tugas-tugas tertentu. Jika dilakukan secara efektif, manajemen waktu memungkinkan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, bahkan ketika Anda memiliki tenggat waktu yang ketat dan daftar tugas yang tidak ada habisnya.

Berikut adalah beberapa manfaat mengatur waktu Anda dengan baik sebagai pemilik bisnis:

• Tingkatkan kinerja dan kepercayaan diri Anda.

• Menikmati pekerjaan dan dapatkan hasil yang lebih baik.

• Dapat memenuhi tenggat waktu dan selesaikan tepat waktu.

Tip Manajemen Waktu Terbaik Untuk Pemilik Bisnis

1. Temukan waktu emas Anda

Tahukah Anda kapan Anda paling produktif dalam sehari? Apakah Anda termasuk orang yang suka bangun pagi, suka tidur malam, atau di antara keduanya? Manajemen waktu adalah tentang memahami cara Anda berfungsi sebaik-baiknya dan mengatur hari Anda secara harmonis.

Simpan waktu paling produktif Anda untuk tugas paling penting dan mendesak. Jam-jam paling tidak produktif Anda dapat dihabiskan untuk melakukan pekerjaan seperti admin yang tidak memerlukan banyak energi.

2. Gunakan Matriks Manajemen Waktu Covey

Matriks Manajemen Waktu Covey dibuat oleh Steven Covey yang merupakan penulis The Seven Habits of Highly Effective People, ia mengatakan bahwa matriks manajemen waktu covey  Itu dibangun di atas empat kuadran sederhana:

1. Tugas yang mendesak dan penting.

2. Bukan tugas yang mendesak tapi penting.

3. Tugas yang mendesak tetapi tidak penting.

4. Tugas yang tidak mendesak dan tidak penting.

Urutkan semua tugas Anda setiap minggu ke dalam empat kuadran ini. Selesaikan apa pun di kuadran satu terlebih dahulu, lalu kuadran dua, dan seterusnya. Ini adalah cara terbaik untuk memprioritaskan tugas dan bisa sangat membantu jika Anda selalu mengerjakan banyak hal.

3. Membuat Rencana

Jika Anda belum memiliki buku harian atau menggunakan aplikasi kalender, sekaranglah waktunya untuk memulai. Anda bahkan dapat melakukan hal sederhana seperti menggunakan selembar kertas kosong dan pastikan kertas tersebut mudah diakses oleh Anda setiap saat .

Merencanakan hari-hari Anda untuk seminggu ke depan adalah cara brilian untuk mengatur waktu Anda secara efisien dan memastikan Anda memprioritaskan tugas-tugas terpenting Anda.

Mulailah dengan merencanakan tenggat waktu yang akan datang dan tugas-tugas Anda yang paling penting, dan biarkan tugas-tugas yang kurang mendesak menjadi prioritas kedua. Dan jangan lupa untuk merencanakan waktu istirahat dan buffering, sebab Anda adalah manusia, bukan mesin.

4. Berhenti melakukan banyak tugas dan fokus pada satu hal.

Otak Anda hanya dapat menangani satu hal dalam satu waktu. Jadi, jika Anda mencoba berbuat lebih banyak, Anda hanya akan terus-menerus mengalihkan fokus dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan kedua tugas tersebut.

Solusinya? Fokuskan perhatian Anda pada satu tugas pada satu waktu. Jika sudah selesai, barulah Anda bisa melanjutkan ke hal berikutnya. Cobalah dan lihat betapa efisien hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *