Wisata  

4 Rekomendasi Museum untuk Dikunjungi Saat Liburan

museum
created by graparinews

Indonesia memiliki budaya dan sejarah yang kaya dan kompleks, berbagai tempat hiburan tersedia. Selain wisata alam, Indonesia juga memiliki museum-museum yang indah dan cocok untuk menghilangkan penat.

Berikut di bawah ini 4 rekomendasi museum untuk dikunjungi saat liburan.

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN)

Sebagai museum seni modern internasional pertama di Indonesia, MACAN menyatukan karya-karya seniman lokal dan internasional. Ini mungkin satu-satunya tempat di Indonesia yang menampung Andy Warhol, Yayoi Kusama, dan seniman dongeng nasional Raden Saleh dalam satu atap. Tur publik dan keluarga diselenggarakan setiap minggu, begitu juga dengan bincang-bincang dan diskusi seniman untuk penggemar seni atau bahkan masyarakat umum yang ingin tahu yang ingin terlibat. Museum ini juga mendedikasikan ruang khusus bagi anak-anak untuk belajar dan berkarya.

Museum Geologi

Sebagai negara dengan kekayaan geologi dan bentang alam, Indonesia tentu juga memiliki museum geologi yang sama mewahnya. Museum Geologi berlokasi di Bandung adalah salah satu museum terbesar dan terkemuka yang memamerkan koleksi-koleksi mengesankan yang berasal dari zaman prasejarah. Fosil, batuan, dan mineral dari seluruh nusantara yang dikumpulkan dari berbagai abad dikumpulkan agar pengunjung dapat mengamati dan mempelajarinya dengan nyaman. Ini seperti kembali ke masa lalu dan belajar tentang planet ini, sumber daya alam, dan lanskap dari sudut pandang baru (lama).

Museum Nasional

Koleksi museum yang sangat banyak menceritakan kisah-kisah tentang sejarah bangsa dalam segala aspek. Berasal dari masa prasejarah Indonesia, berbagai artefak berupa perkakas primitif dan kerajinan indah akan memberikan wawasan baru di luar buku sejarah. Koleksinya berjumlah 142.000 karya yang bersumber dari seluruh negeri, menggambarkan berbagai dimensi kehidupan mulai dari seni hingga pertanian, bahasa hingga agama. Museum Nasional juga menyelenggarakan pameran, pertunjukan, dan acara tambahan sepanjang tahun.

Neka Art Museum

Neka Art Museum didedikasikan untuk mendokumentasikan dan menyajikan sejarah dan perkembangan seni rupa di Bali. Terletak di Ubud, ibu kota seni dan budaya Bali, museum ini memamerkan karya seni penting mulai dari abad ke-19 hingga saat ini. Koleksi lebih dari 300 karya disusun dalam berbagai paviliun dan ruang pameran, yang dikurasi dengan cermat untuk menyampaikan gambaran rumit dunia seni Bali di era berbeda.

Museum Kata

Novel perdana Andrea Hirata Laskar Pelangi tetap menjadi salah satu karya sastra Indonesia yang paling monumental. Sejak dirilis pada tahun 2005, novel ini telah membuka dunia pengaruh, literasi, dan bahkan pariwisata baru di Indonesia. Pulau Belitung yang digambarkan dengan indah kini menjadi surga tropis yang terkenal, juga menjadi tuan rumah museum sastra pertama di negara ini yang dimiliki oleh penulisnya. Anda akan menikmati cuplikan dan gambar yang berhubungan dengan karakter dalam karya Hirata yang bertempat di sebuah bangunan nyaman yang sederhana namun penuh warna dan menawan. Museum ini juga memiliki program pendidikan bagi pengunjung dan anak-anak setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *