Wisata  

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang Populer dan Keren

wisata lombok
Created by graparinews

Setelah Bali, Pulau Lombok selalu menjadi tujuan favorit wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Lombok yang letaknya bersebelahan dengan Bali ternyata punya tempat-tempat yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Tak heran jika saat ini popularitas Lombok di kalangan wisatawan meningkat drastis. Berikut artikel ini akan memberikan anda rekomendasi tempat wisata di Lombok yang populer dan keren.

Bukit Selong

Rekomendasi yang pertama adalah Bukit Selong. Hamparan persawahan yang memukau dari atas menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, dari puncak bukit ini Anda juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Rinjani.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam lebih lama, berkemah di sekitar kawasan Bukit Selong bisa menjadi kegiatan seru. Di pagi hari, Anda bisa menyaksikan panorama matahari terbit yang menakjubkan. Pemandangan matahari terbenam dari atas bukit pun tak kalah menawannya.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian melebihi 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadi destinasi favorit para pendaki baik dalam maupun luar negeri.

Kawasan Gunung Rinjani juga termasuk Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas 41.330 hektar. Di sebelah barat guung ini terletak Segara Anak. Air dari Segara Anak mengalir membentuk air terjun, dan tempat tersebut juga terkenal dengan keberadaan ikan mas dan nila sehingga menjadi spot favorit para pemancing.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Lombok Utara, yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Airnya segar dan tingginya mencapai 31 meter. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki anak tangga sekitar 40 meter.

Tempat ini disebut juga “Batu Ko’” oleh penduduk setempat dan dianggap sebagai tempat pemandian para bidadari.  Tempat ini terdiri dari dua tingkat dengan kolam di bawahnya. Air terjun ini merupakan pintu gerbang menuju Gunung Rinjani.

Pantai Selong Belanak

Pantai ini menarik karena garis pantainya yang melengkung seperti bulan sabit, dikelilingi perbukitan yang indah, pasir putih, dan air yang jernih. Pasirnya halus dan bisa mengeras.

 Tak hanya itu, Pantai Selong Belanak memiliki dua kawasan, satu dengan ombak yang tenang dan satu lagi menantang sehingga cocok dengan kemampuan bermain ombak Anda. Di sekitar kawasan ini banyak terdapat penyedia jasa penyewaan selancar, instruktur selancar, dan lain sebagainya.

Gua Bangkang

Gua Bangang yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah merupakan gua yang sangat menarik. Sinar matahari yang masuk dari dinding atas gua menjadi daya tarik tersendiri yang banyak mengundang wisatawan.

Bahkan, cahaya yang masuk sering dijuluki “Cahaya Tuhan” atau “Cahaya Ilahi” dari kesan yang diberikannya. Keindahan inilah yang membuat gua ini menjadi spot menarik untuk berfoto.

Danau Segara Anak

Berlibur ke Gunung Rinjani, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Danau Segara Anak. Memiliki nama yang berarti “anak laut” dalam bahasa Sasak, danau ini terletak di dataran tinggi Gunung Rinjani. Memiliki luas sekitar 1.100 hektar, kawasan sekitar tepian danau sering dijadikan tempat berkemah.

Kehadiran Danau Segara Anak di kawasan wisata Gunung Rinjani membawa daya tarik tersendiri yang unik dari tempat wisata lainnya. Kabut tipis yang kerap menghiasi kawasan tersebut pun tampak menakjubkan. Uniknya, hampir setiap tahun objek wisata ini sering dijadikan tempat upacara Mulang Pekelem yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *